Harriet Martineau (Resume Singkat)


Harriet Martineau lahir pada hari sabtu, 12 Juni 1802 di Norwich, Inggris. Berzodiak Gemini dan berwarga negara Inggris. Anak ke-6 dari 8 bersaudara ini terkenal sebagai novelis, jurnalis, ekonom, dan juga penulis sejarah. Ia juga merupakan seorang tokoh sosiologi wanita pertama. Ia hidup antara tahun 1802-1879 yang sezaman dengan Isidore August Marie Francois Xavier Comte (1798-1857), Harbert Spencer (1820-1903), dan Karl Marx (1818-1883).

            Ia menerjemahkan dan mengedit karya Comte ke dalam Bahasa Inggris yang berjudul The Positive Philosophy dan terjemahannya tersebut dibaca oleh Comte, dan kemudian digunakan untuk merevisi bukunya. Menurutnya subjek kajian Sosiologi adalah kehidupan sosial dalam masyarakat antara lain, Tatanannya, Penyebab-penyebabnya, Konsekuensi-konsekuensinya, dan Problem-problemnya. Masyarakat menurut Martineau yaitu, Etnisitas dan Kultural, Struktur, Hukum-hukum sosial, dan Prinsip-prinsip perubahan.

Hukum sosial dalam kehidupan manusia tujuannya agar hubungan manusia memiliki arah demi tercapainya kebahagiaan manusia. Kebahagiaan manusia menurutnya sendiri yaitu individu dapat bertindak secara otonom sebagai agen moral dan praktikal dan otonom berlawanan dengan dominasi yang merupakan penyerahan kehendak diri kepada orang lain. Intinya hukum sosial memiliki tujuan tercapainya kebahagiaan manusia. Kebahagiaan tersebut maksudnya adalah ketika setiap orang memiliki hak dan kekuasaan menentukan arah tindakannya sendiri.

Ia membahas permasalahan kemajuan kaum wanita yaitu hak wanita dan emansipasi. Karena pada zamannya penggolongan terhadap hak wanita sangat terasa apa lagi di dalam para penulis. Karya-karya seputar sosial, ekonomi, dan politik dianggap cocok untuk dihasilkan oleh para penulis pria. Sedangkan, karya seputar hal-hal romantis dan kehidupan rumah tangga dianggap cocok untuk dihasilkan oleh penulis wanita. Namun ia malah menulis buku ekonomi yang salah-satunya yang terkenal yaitu Illustrations of Political Economy 1832. Oleh sebab itu, fokus perhatian ia salah-satunya pada mereka yang tidak memiliki kekuasaan seperti, perempuan, ras minoritas, narapidana, pelayan, dan mereka yang membutuhkan bantuan.

Munurutnya dominasi terhadap kaum wanita sejajar dengan dominasi terhadap budak, dimana wanita dan budak sama-sama diberi perindungan tetapi perlindungan tersebut hanyalah sebagai pengganti bagi kebebasannya yang ditentukan oleh mereka yang memberi perlindungan. Prinsip Metodologis dari Martineau adalah mengkaitkan antara tuntunan kebenaran ilmiah dengan tuntunan system moral secara menyeluruh, dan juga setiap orang memiliki kemampuan untuk berfikir positivistik.

Karyanya di bidang sosiologi salah satunya yaitu, ketidakmanusiawian herem di Arab. Karya lainnya yaitu, Letters on the Laws of Man’s Nature and Development  1851 tentang perjalanan agamanya ke timur tengah tahun 1864 dan buku ini sebagai bukti bahwa ia seorang atheis. Ia juga menulis 1600 artikel untuk Daily News dan kemudian disatukan dalam buku Biographical Sketches 1869. Ia meninggal usia 74 tahun di Ambleside, Westmorland.

Share this:

, ,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment