Karl Marx (Resume Singkat)




Karl Heinrich Marx lahir di Trier, Jerman, 5 Mei 1818 meninggal di London, 14 Maret 1883 pada umur 64 tahun. Ia adalah seorang filsuf, pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan dari Prusia.

Salah satu teori nya yaitu tentang teori kelas sosial dan konflik. Konflik merupakan pertentangan antara kelas borjuis melawan kelas proletar yang memperebutkan sumber-sumber ekonomi atau alat-alat produksi. Kelas sosial menurut Karl Marx yaitu masyarakat pada abad ke-19 di Eropa, terbagi menjadi 2 kelas sosial yaitu :
1.   1.  Borjuis : pada jaman kolonialisme kaum pemilik modal yaitu mereka yang memiliki alat-alat kerja/produksi misalnya pabrik, mesin, dan tanah. Tetapi pada jaman modern, kaum borjuis adalah mereka yang memiliki knowledge/keahlian khusus.
2.   2.  Proletar : kaum pekerja miskin.Dalam sistem produksi kapitalis kedua kelas tersebut saling ketergantungan namun tidak seimbang. Kelas proletar tidak dapat hidup jika tidak bekerja.
Sedangkan kelas borjuis meskipun pabriknya tidak berjalan, ia masih dapat bertahan dari modal yang dikumpulkannya selama pabriknya bekerja yakni dengan menjual pabriknya. 

Dengan demikian kelas borjuis adalah kelasyang kuat, sedangkan kelas proletar adalah kelas yang lemah.Kedua kelas ini berada dalam suatu struktur sosial hirarkis, kaum borjuis melakukan eksploitasi terhadap kaum proletar dalam proses produksi. Marx juga menjelaskan bahwa seluruh keteraturan dalam masyarakat proletar disebabkan adanya pemaksaan oleh para penguasa(borjuis).

            Konflik disebabkan karena ada kelas-kelas dalam masyarkat dimana terjadi ketidaksetaraan sosial yang tinggi antarakaum borjuis & proletar. Fungsi konflik itu sendiri untuk mencapai keadilan dan kemakmuran di dalam masyarakat diperlukan revolusi kelas. Revolusi ini bisa dilakukan dengan cara kekerasan agar terjadi perubahan drastis ke arah yanglebih baik. Borjuis sebagai pemilik modal memiliki kontrol penuh untuk mengendalikan roda ekonomidan melakukan eksploitasi terhadap pekerja. Dari segi tenanga kerja Perusahaan dikendalikan sepenuhnya oleh kelas borjuis. Kaum pekerja akan tetap tereksploitasi bila tidak memiliki kesadaran untuk melakukan perjuangan kelas. Marx tidak membedakan skill setiap pekerja.

            Karl Marx lebih menekankan pada dampak negatif dari konflik yakni Menyebabkan keretakan hubungan antara anggota kelompok, Mengakibatkan perubahan kepribadian para individu, Mengakibatkan kerusakan harta benda dan nyawa manusia, Menimbulkan dominasi atau penaklukan oleh salah satu.Akan tetapi, ia juga melihat adanya dampak positif dari konflik yakni timbulnya gerakan sosial yang besar (revolusi) yang dapat dijadikan alat yang efektif oleh kelas proletar untuk mendapatkan kesetaraan dalam pembagian sumber-sumber ekonomi.

            Teori kelas sosial dan konfliknya hanya relevan pada awal kapitalisme (awal revolusi industri)dan tidak lagi sesuai dengan masyarakat industri kapitalis. Hal ini dikarenakan pekerjaan masyarakat semakin heterogen dan hak-hak dan kemakmuran masyarakat mulai mengalamipeningkatan.

Sumber :

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi : Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Edisi ke VIII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Share this:

, ,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment